Rabu, 26 September 2012

Pesatnya Perkembangan Penggunaan Internet di Indonesia, Posisi penggunaan Internet Indonesia, Penggunaan Internet

Pesatnya Perkembangan Penggunaan Internet di Indonesia

Ilmu pengetahuan yang telah berkembang dalam masyarakat menimbulkan berbagai maca temuan dalam bidang teknologi. Temuan-temuan tersebut merupakan teknologi yang dirancang sedemikian rupa guna menunjang kehidupan manusia. Tiap tahunnya teknologi-teknologi baru terkemas dalam bentuk yang lebih canggih dari sebelumnya. Internet merupakan salah satu temuan teknologi informasi. Dunia internet telah memberikan kontribusi yang besar pada setiap masyarakat. Bahkan internet dengan ribuan jaringan komputer dan database yang saling terhubung, telah menjadi standar teknologi yang bebas dari halangan dan batas internasional yang tradisional. Saat ini pengguna internet mencapai tingkat yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan internet menyajikan informasi-informasi yang sangat luas, serta memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh penggunanya.
Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet di Indonesia
Sebuah penelitian dari Ipsos, menghasilkan informasi baru bagi dunia internet Indonesia. Ternyata, dari sekitar 20 persen populasi yang menggunakan internet, 83 persennya aktif di media sosial. Penelitian ini dirilis 27 Maret 2012 yang juga bisa dilihat melalui situs mereka, www.ipsos-na.com. Penelitian bertajuk Ipsos Global @dvisor: Interconnected World: Communication and Social Networking ini dilakukan di semua benua di dunia. Angka-angka ini merupakan data dalam 3 bulan terakhir. Angkanya bisa saja berubah dalam beberapa bulan sejak dirilisnya hasil riset ini. Ada tiga hal yang bisa dipetik, pertama, 85 persen netizen[1] tetap menggunakan email sebagai alat utama berinternet. Media sosial menempati posisi kedua dengan persentasi mencapai 62 persen, dan penggunaan Voice over IP (VoIP) mencapai 14 persen.
Gambar 1. Data pengunjung situs jejaring sosial, forum atau blog [2]
Dari total 62 persen pengguna media sosial di dunia, Indonesia menempati posisi pertama dengan 83 persen. Meskipun total populasi yang menggunakan internet di Indonesia belum sebanyak di negara maju, tetapi data ini menunjukkan perhatian netizen Indonesia yang sangat besar terhadap media sosial.
Selain hasil riset dari Ipsos, Bank Dunia menunjukkan data mengenai pengguna Internet di Indonesia dalam bentuk persentase populasi dengan akses Internet per 100 penduduk dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2010. Nampak jelas pada grafik menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan di mulai pada tahun download selengkapnya....

sumber : http://kelompok3tibg.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar