Senin, 01 Oktober 2012

Agar suka membaca, trik agar suka membaca, tips suka membaca

Agar suka membaca ????
10 cara penting yang bisa membantu Anda untuk senang membaca, antara lain sebagai berikut:
1.Apa tujuan anda membaca?
Secara mutlak cara ini adalah cara yang paling penting yakni dengan menghadirkan, apa tujuan Anda membaca dan mangapa Anda membaca.
2.Menyusun perencanaan dalam membaca
Cara penting yang membantu agar senang membaca ialah menyusun perencanaan dalam membaca. Tidak ada gunanya membaca secara asal-asalan, akan tetapi hendaknya Anda menyusun perencanaan yang jelas dalam membaca.
3.Mengatur waktu
Yaitu menentukan waktu untuk membaca dan menggunakan semaksimal mungkin waktu yang jelas-jelas kosong, dalam artian jangan sampai menunggu sampai malam untuk membaca bacaan anda, tetapi tentukan waktu yang tepat.
4.Mulailah step by step
Ketika sebagian orang membaca lembaran-lembaran tentang urgensi membaca, maka semangatnya akan menggelora, meningkatlah himmahnya dan akan berburu-buru membeli setumpuk buku kemudian ia akan bersegera membacanya dan meluangkan waktu yang sangat banyak untuk itu. Ini adalah hal yang kurang benar dalam menumbuhkan minat baca, lebih baik lakukanlah sedikit demi sedikit karena semua hal itu pasti membutuhkan proses.
5.Totalitas dalam membaca
Ditegaskan bahwa membaca bukanlah hobi, melainkan
pekerjaan terpuji yang membutuhkan pemikiran, waktu, harta, kesungguhan dan pengorbanan.
6.Teratur dalam mengikat makna
Cara ini adalah menjaga keteraturan dalam mengambil ilmu yakni dengan sistem pencatatan yang tertata rapi, selalu menjaga keteraturan dan kerapian yang dibutuhkan dalam segala aspek.
7.Buatlah perpustakaan di rumah
Dengan membuat perpuastakaan yang tepat dapat menampung berbagai buku yang paling penting dalam hidup Anda.
8.Sampaikan apa yang Anda baca
Dalam hal ini faedahnya banyak sekali diantaranya adalah agar ilmu yang Anda dapat terpatri dalam otak dan orang lain pun bisa mengambil manfaatnya.
9.Bantu sahabat Anda dalam membaca
Dalam hal ini, anda bisa membentuk kelompok membaca bersama kawan–kawan Anda. Kelompok yang ideal biasanya terdiri dari 3 sampai 5 orang. Lakukan kegiatan berkumpul seminggu sekali untuk mendiskusikan apa-apa yang telah dibaca.
10.Carilah ilmu dari para ulama
Dari beberapa cara diatas, dalam cara kesepuluh ini Anda menimba ilmu dari para ulama, ahli dan orang yang memiliki pengalaman, karena dari para orang itulah kita pasti mendapat pengalaman-pengalaman baru yang belum kita temukan.
Itulah 10 cara yang bisa membantu Anda agar membaca menjadi kebutuhan kita. Buktikan, anda pasti mampu ………….!!!!!!!
 
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar