Senin, 01 Oktober 2012

DEFINISI , FUNGSI DAN KEDUDUKAN AL-QUR`AN, Makalah DEFINISI , FUNGSI DAN KEDUDUKAN AL-QUR`AN, Presentasi DEFINISI , FUNGSI DAN KEDUDUKAN AL-QUR`AN

DEFINISI AL-QUR`AN

Ditinjau dari segi bahasa (lughowi atau etimologis) bahwa kata al-Qur’an merupakan bentuk mashdar dari kata qoro’a – yaqro’uu – qiroo’atan – wa qor’an – wa qur’aanan.  Kata qoro’a  berarti menghimpun dan menyatukan; al-Qur’an pada hakikatnya merupakan himpunan huruf-huruf dan kata-kata yang menjadi satu ayat, himpunan ayat-ayat menjadi surat, himpunan surat menjadi mushaf al-Qur’an. Di samping itu, mayoritas ulama mengatakan bahwa al-Qur’an dengan akar kata qoro’a, bermakna tilawah: membaca. Kedua makna ini bisa dipadukan menjadi satu, menjadi “al-Qur’an itu merupakan himpunan huruf-huruf dan kata-kata yang dapat dibaca”.
  Makna al-Qur’an secara ishtilaahi, al-Qur’an itu adalah “Firman Allah SWT yang menjadi mu’jizat abadi kepada Rasulullah yang tidak mungkin bisa ditandingi oleh manusia, diturunkan ke dalam hati Rasulullah SAW


FUNGSI DAN KEDUDUKAN AL-QUR`AN

A. Fungsi Al-Qur`an
  1. Sebagai mukjizat nabi Muhammad untuk membuktikan, bahwa nabi muhammad adalah nabi dan rasul Allah, dan sebagai bukti bahwa al-Quran adalah firman  Allah, bukan ucapan (ciptaan) Nabi Muhammad sendiri.
  2. Sebagai pembenar kitab-kitab suci sebelumnya, yakni Taurat, Zabur, dan Injil.
  3. sebagai pengukuh (penguat) yang  mengukuhkan dan menguatkan kebenaran2  para nabi dan rasul sebelum nabi muhammad
  4. Sebagai pembimbing yang lurus
  5. Sebagai pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi yang meyakininya
  6. Sebagai pelajaran dan penerangan
  7. Sebagai sumber segala macam aturan tentang hukum,sosial, dll.
  8. Sebagai obat penyakit jiwa.
  Fungsi lain Al-Quran yang tidak kalah penting, adalah sebagai bukti kebenaran Nabi Muhammad saw., dan bukti bahwa semua ayatnya bnar-benar dari Allah SWT.

materi lengkap download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar